AlurKefasihan

Friday, July 02, 2004

Tentang Ruh

Dua orang Nasrani bertanya kepada sayyidina Ali “Wahai Ali. Jelaskan apa perbedaan antara cinta dan benci, padahal sumbernya satu ? Apa perbedaan antara ingatan dan lupa, padahal sumbernya satu ? Dan apa perbedaan antara mimpi yang benar dengan mimpi yang bohong, padahal sumbernya satu ?”

Sayyidina Ali menjawab, “Sesungguhnya Allah SWT menciptakan ruh-ruh sebelum badan-badan dua ribu tahun, lalu ruh-ruh itu ditempatkan di udara. Oleh karenanya, ruh-ruh yang di sana berjumpa, maka di sinipun akan bersatu saling sayang, dan ruh-ruh yang disana tidak berjumpa, maka di sinipun akan berpisah dan saling benci.

Sesungguhnya Allah menciptakan Adam as dan menciptakan pada hatinya sebuah penutup, maka ketika ada sesuatu yang lewat sementara hati terbuka, maka dia akan ingat dan hafal, dan ketika sesuatu itu lewat sementara hati tertutup, maka dia akan lupa.

Sesungguhnya Allah SWT menciptakan ruh dan menciptakan untuknya penguasa yaitu nafsu, kemudian ketika seorang hamba tidur, maka ruh keluar dan nafsunya tetap, lalu lewatlah sekelompok malaikat dan sekelompok jin, maka mimpi yang benar dari malaikat, sedangkan mimpi yang bohong dari jin.” Kemudian dua orang Nasrani tersebut masuk Islam.

Sumber : Mengungkap Untaian Kecerdasan Sayidina Ali, Al Jawad


 
Listed on Blogwise Site Meter