AlurKefasihan

Sunday, June 12, 2005

Berdebat

Seseorang berkata kepada Imam Husain bin Ali ra, "Duduklah hingga kita berdebat tentang agama." Beliau berkata, "Kemari, aku ini lebih mengetahui tentang agamaku, petunjukku tersingkap bagiku. Jika kamu tidak mengetahui tentang agamamu, maka pergilah dan tuntutlah ilmu agama. Apa manfaat bagiku dengan perdebatan ini, karena sesungguhnya setan menggoda dan membisikkan sesuatu pada seseorang sambil berkata,'Berdebatlah dengan orang-orang tentang agama, supaya mereka tidak mendugamu sebagai orang yang lemah dan bodoh.' Perdebatan itu tidak lebih dari empat macam, yaitu :

1. Pertama, kamu dan temanmu berdebat tentang apa yang kalian berdua mengetahuinya. Dalam hal ini kalian telah meninggalkan nasihat dan mencari kesalahan serta menghilangkan ilmu itu.

Kedua, kalian berdebat tentang apa yang kalian berdua tidak mengetahuinya, maka kalian telah menampakkan kebodohan dan berselisih tentang sesuatu yang tidak kalian ketahui.

Ketiga, kalian berdebat sedangkan kamu mengetahui hal yang diperdebatkan dan kawanmu tidak, maka kamu telah menzalimi temanmu dengan mencari kesalahannya.

Keempat, kalian berdebat sedangkan temanmu mengetahui hal yang diperdebatkan dan kamu tidak, maka kamu tidak menghormatinya meskipun kedudukannya tidak jatuh.

Ini semua adalah hal yang sia-sia. Barangsiapa yang bersikap adil dan menerima kebenaran serta meninggalkan perdebatan, maka dia telah meneguhkan keimanannya dan memperbaiki persahabatan agamanya serta menjaga akalnya."

Sumber : Mukhtasar Shahifah Husainiyah, Muthahhari Press.
Sumber asli : Tuhaf al-'Uqul 'an ali al-Rasul Kalimat al-mam al-Husain


 
Listed on Blogwise Site Meter